Analisis STP


SEGMENTASI:
Segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan, karakteristik atau tingkah laku yang mungkin membutuhkan produk yang berbeda. Pada dasarnya ada 2 pendekatan segmentasi yaitu berdasarkan karakteristik konsumen dan berdasarkan respons konsumen. Berikut ini adalah pendekatan segmentasi yang dilakukan oleh MEA Online Shop :
1.      Segmentasi Berdasarkan Karakteristik Konsumen
a.      Demografi dan Sosioekonomi
Dalam segmentasi ini MEA Online Shop membagi pasar menjadi beberapa kelompok yaitu segmentasi anak-anak remaja, pelajar, mahasiswi, orang tua.

b.      Psikografis
Dalam segmentasi ini MEA Online Shop membagi pasar dalam kelompok gaya hidup masyarakat kota Pontianak dimana tempat MEA Online Shop Menengah kebawah.
c.       Geografi
Dalam hal segmentasi ini MEA Online Shop menentukan tempat di kawasan Kota Pontianak dan di luar kota.

2.      Segmentasi Berdasarkan Respons Konsumen
a.      Segmentasi Manfaat
Dengan sistem pembelanjaan online maka konsumen akan merasa lebih mudah dalam berbelanja karena menghemat waktu dan memudahkan dalam mengakses barang yang diinginkan dalam waktu yang cepat dan singkat.
  
b.      Respon Promosional
MEA Online Shop memasarkan produknya menggunakan jejaring sosial seperti blackberry messenger, facebook, twitter dan sebagainya. Setelah itu akan
mengidentifikasikan konsumen berdasarkan bagaimana konsumen merespon bentuk-bentuk promosi yang dilakukan MEA Online Shop.

TARGETING:
Setelah mengevaluasi berbagai macam segmen pasar yang ada, MEA Online Shop memutuskan melakukan pasar target dengan melakukan strategi pemasaran tanpa perbedaan yaitu mengabaikan perbedaan segmen pasar dan menawarkan satu macam produk  kepada seluruh pasar, karena produk yang ditawarkan oleh MEA Online Shop ini dirasa bisa di nikmati atau dipakai untuk semua kalangan.



POSITIONING:
Kami rasa MEA Online Shop sudah memenuhi semua kriteria diatas karena MEA Online Shop dianggap sudah cukup dikenal karena menjawab persoalan yang dirasakan oleh masyarakat karena MEA Online Shop hadir dengan berbagai macam kemudahan dan online shop kami ini menawarkan berbagai macam keunggulan yang tidak dimiliki pesaing, yaitu menjual baju berkualitas dengan harga terjangkau dan apabila tidak sesuai dengan dengan baju yang di pesan maka kami menerima returan. Secara otomatis perusahaan akan mendapat laba dari semua keunggulan yang ditawarkan tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar