SEGMENTASI:
Segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi kelompok
pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan, karakteristik atau tingkah laku yang
mungkin membutuhkan produk yang berbeda. Pada dasarnya ada 2 pendekatan
segmentasi yaitu berdasarkan karakteristik konsumen dan berdasarkan respons
konsumen. Berikut ini adalah pendekatan segmentasi yang dilakukan oleh MEA
Online Shop :
1. Segmentasi Berdasarkan Karakteristik Konsumen
a. Demografi dan Sosioekonomi
Dalam
segmentasi ini MEA Online Shop membagi pasar menjadi beberapa kelompok yaitu
segmentasi anak-anak remaja, pelajar, mahasiswi, orang tua.
b. Psikografis
Dalam
segmentasi ini MEA Online Shop membagi pasar dalam kelompok gaya hidup
masyarakat kota Pontianak dimana tempat MEA Online Shop Menengah kebawah.
c. Geografi
Dalam
hal segmentasi ini MEA Online Shop menentukan tempat di kawasan Kota Pontianak
dan di luar kota.
2. Segmentasi Berdasarkan Respons Konsumen
a. Segmentasi Manfaat
Dengan
sistem pembelanjaan online maka konsumen akan merasa lebih mudah dalam
berbelanja karena menghemat waktu dan memudahkan dalam mengakses barang yang
diinginkan dalam waktu yang cepat dan singkat.
b. Respon Promosional
MEA
Online Shop memasarkan produknya menggunakan jejaring sosial seperti blackberry
messenger, facebook, twitter dan sebagainya. Setelah itu akan
mengidentifikasikan konsumen berdasarkan bagaimana konsumen
merespon bentuk-bentuk promosi yang dilakukan MEA Online Shop.
TARGETING:
Setelah mengevaluasi berbagai macam segmen pasar yang
ada, MEA Online Shop memutuskan melakukan pasar target dengan melakukan
strategi pemasaran tanpa perbedaan yaitu mengabaikan perbedaan segmen pasar dan
menawarkan satu macam produk kepada seluruh pasar, karena produk yang
ditawarkan oleh MEA Online Shop ini dirasa bisa di nikmati atau dipakai untuk
semua kalangan.
POSITIONING:
Kami rasa MEA Online Shop sudah memenuhi semua kriteria diatas
karena MEA Online Shop dianggap sudah cukup dikenal karena menjawab
persoalan yang dirasakan oleh masyarakat karena MEA Online Shop hadir dengan
berbagai macam kemudahan dan online shop kami ini menawarkan berbagai macam
keunggulan yang tidak dimiliki pesaing, yaitu menjual baju berkualitas dengan
harga terjangkau dan apabila tidak sesuai dengan dengan baju yang di pesan maka
kami menerima returan. Secara otomatis perusahaan akan mendapat laba dari semua
keunggulan yang ditawarkan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar