Pengertian Online
Shop
Belanja online (online shop) merupakan proses
pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan
melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli
barang/jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall. Maksudnya, tanpa perlu harus bertemu penjual/pembeli
secara langsung, tanpa perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan
menghadap layar monitor komputer, dengan koneksi internet tersambung, kita
dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat, nyaman, dan memudahkan dalam
mencari barang yang diinginkan.
Di Indonesia sendiri, belanja online atau
online shop mulai muncul sekitar tahun 2000 an, dan sekarang toko online sudah
menjamur ada dimana mana. Apalagi dengan adanya dukungan media jejaring sosial
yang canggih, seperti facebook, twitter, blog, multiply, tumblr dan lain-lain,
yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang ingin di jual atau di
beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang mempermudah dalam membuat
berbelanja online semakin mudah terjadi.
Pada awal kemunculannya di Indonesia,
berbelanja online hanya di gunakan oleh masyarakat dari kalangan atas, karena
berbelanja online membutuhkan komputer, jaringan internet, dan kartu debet
untuk melakukan transaksi jual/beli tersebut. Namun seiring berjalannya
waktu, dikarenakan oleh faktor kenyamanan dan kecepatan, sekarang mulai
dari ibu-ibu pejabat bahkan sampai mahasiswa/mahasiswi banyak yang bisa memanfaatkan
berbelanja dengan online.
Good
BalasHapusYuuk belanja produk terbaru di Feeve Store
BalasHapus