Analisis SWOT


 S– STRENGTHS (KEKUATAN):

1.      Respon yang didapat dari konsumen mengenai barang atau segala macam yang berhubungan          dengan usaha ini bisa diterima dengan sangat cepat tanpa melalui pihak-pihak seperti atasan             dll.
2.   Online shop dinilai lebih mudah untuk memahami kemauan dan kebutuhan pelanggan.
3.      Bisnis online shop adalah bisnis yang sedang marak dan menjanjikan.
4.      Modal yang dibutuhkan relatif kecil.
5.    Karena minimnya pengeluaran, barang online shop menjadi lebih murah dari barang yang dijual       secara konvensional.
6.      Lebih dekat dengan pelanggan.
7.      Pilihan produk lebih banyak karena biasanya memakai sistem preorder.
8.      Pasar yang tidak terbatas, bisa dijangkau siapa saja.
9.      Transaksi bisa dilakukan dengan muda dan dalam waktu 24 jam
10.  Sistem pengiriman produk yang proffesional seperti JNE, TIKI, WAHANA, dll.
11.  Time saving.

W – WEAKNESS (KELEMAHAN):
1.      Penipuan mudah sekali terjadi dalam online shop.
2.      Hanya bisa menjangkau kota dan masyarakat yang memiliki akses internet.
3.      Saingan sangat banyak.
4.      Belum adanya undang-undang yang mengatur tentang internet marketing shingga apabila ada        masalah tidak bisa menuntut.
5.      Meskipun proffesional, jasa pengiriman masih sering membuat kesalahan.
6.      Banyak masyarakat yang belum sepenuhnya percaya dengan online shop.
7.      Proses pengiriman memakan waktu terutama semakin maraknya online shop saat ini.
8.      Sering adanya ketidak puasan dari pelanggan.
9.      Mahalnya biaya kirim.
10.  Masyarakat sering sekali ragu akan kualitas barang kami.
11.  Promosi yang terbatas, mahal, dan sering sekali diacuhkan

 O – OPPORTUNITIES (PELUANG)

1.      Ekspansi bisnis yang sangat global.
2.      Selalu tersedia setiap hari ( 24 jam dan 7 hari)
3.      Berkembangan bisnis yang cepat dan cakupannya luas.
4.    Promosi yang bisa dilakukan kapan saja membuat online shop kami akan terus dilihat oleh                 pelanggan.
5.   Banyaknya masyarakat yang gila belanja teruama belanja online menjadi salah satu kesempatan      besar kami.
6.      Barang yang bagus dan murah membuat online shop semakin ramai. (amin)

 T – THREATS (ANCAMAN)
1.      Pesaing yang sangat banyak.
2.      Perubahan lingkungan pasar.
3.      Inovasi produk yang harus selalu dilakukan.
4.      Tidak adanya privasi karena datapelanggan akan diketahui untuk keperluan pengiriman.
5.      Banyak mindset yang tetap  menganggap belanja online sangat beresiko.
6.      Penipu dimana-mana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar